Senin, Oktober 18

Wisata Bahari Jawa Timur

1. Pantai Kenjeran Surabaya
Pantai Kenjeran berada di sebelah timur kota Surabaya. Memanjang dari selatan ke utara sekitar 10 km. Para wisatawan bisa mengujungi Taman Hiburan Pantai Kenjeran dan Pantai Ria Kenjeran (Kenjeran Park). Taman Hiburan maupun Pantai Ria merupakan tempat wisata yang populer bagi warga kota Surabaya dan sekitarnya. Didalam kawasan ini terdapat berbagai fasilitas hiburan yang menarik bagi keluarga seperti tempat bermain anak - anak, kolam renang, memancing dan lain sebagainya. Selain itu dipinggiran pantai terdapat bangunan patung Budha dan vihara yang berbentuk Pagoda besar dengan patung dewa - dewa kepercayaan kaum Tionghua, semakin menambah keindahan panorama pantai.

2. Jembatan Suramadu
Jembatan suramadu merupakan ikon, landmark dan tetenger baru Jawa Timur. Jembatan yang menghubungkan pulau Jawa dengan pulau Madura ini dibangun sejak pertengahan tahun 2002 dan diresmikan pada tanggal 10 Juni 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dengan panjang sekitar 5,4 km dan lebar 35 m ini dapat dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua. Di kawasan jembatan Suramadu dapat melihat selat Madura yang indah juga bisa menikmati pemandangan Pantai Kenjeran dan Monumen Jalesveva Jayamahe yang gagah.

3. Monumen Jalesveva Jayamahe
Monumen jalesveva jayamahe (Monjaya) dibangun untuk mengingatkan bahwa nenek moyang negeri ini seorang pelaut. Jalesveva jayamahe yang berarti "di laut kita tetap jaya" menggambarkan seorang perwira menengah TNI Angkatan Laut berpakaian lengkap (tenue PDU-I) yang menatap ke laut. Patung dengan tinggi 31 meter ini berdiri di atas gedung setinggi 29 meter. pada bagian dinding gedung terdapat diorama sejarah kepahlawanan pejuang - pejuang bahari sejak jaman pra revolusi fisik sampai tahun 90-an. Monjaya dibangun pada tahun 1990 dan diresmikan 5 Desember 1996 oleh Presiden Soeharto. Selain patung berukuran "raksasa" di pelataran monjaya terdapat pula sebuah gong yang memiliki ukuran terbesar di dunia. Gong seberat 2,2 ton ini memiliki ketebalan 6 mm dan berdiameter 5 meter diberi nama Kiai Tentrem ini dibuat dengan menggunakan bahan logam kuningan yang dilapisi anti karat "cotting". Fasilitas lainnya sebagai objek wisata adalah pujasera yang menyediakan souvenir dengan atribut mengenai TNI-AL dijual disini.

4. Monumen Kapal Selam (Monkasel)
Monumen kapal selam (Monkasel) yang berdiri tegak di bantaran kalimas ini kini menjadi salah satu obyek wisata andalan kota Surabaya. Selain menambah obyek wisata bernuansa bahari di Jawa Timur juga sebagai sarana pelestarian nilai - nilai perjuangan bangsa Indonesia dalam merintis, menegakkan dan mengisi kemerdekaan. Monkasel adalah replika KRI Pasopati 410 yang nonaktif dari TNI-AL pada 255 Januari 1990. Monkasel diresmikan oleh KSAL Laksamana TNI Arief Kushariadi tanggal 27 Juni 1998 dan dibuka untuk umum mulai 15 Juli 1998. KRI Pasopati benomor lambung 410, termasuk jenis SS type Whiskey Class dibuat di Vladi Wostok Rusia tahun 1952. Dengan spesifikasi : panjang 76,6m, lebar 6,30m, kecepatan (18,3 knots di atas air dan 13,5 knots di bawah air), berat penuh 1.300 ton, berat kosong 1.050 ton, jarak jelajah 8.500 mil laut dengan bahan bakar solar, batere 224 buah. Persenjataan terpedo steam gas 12 buah panjang 7m dengan peluncur 6 buah. Awak kapal 63 orang. Kapal ini masuk jajaran TNI-AL mulai tanggal 29 Januari 1962, dengan tugas pokok menghacurkan garis lintas musuh (anti shipping), mengadakan pengintaian dan melakukan silent raids.

5. Wisata Bahari Lamongan
Kawasan area wisata ini berada di kawasan Tanjung kodok Lamongan dengan aneka fasilitas wisata pemainan diantaranya adalah arena ketangkasan, insektarium, marina, kolam renang ari tawar, kolam renang air laut dengan pantai pasir putih buatan, bumper car, space shattle, kano, lonh boat, bumper boat, tagada, planet kaca, sarang bajak laut dan sirkuit go cart. Daya tarik paling berharga terltak pada pemandangan lepas pantai ke laut Jawa di utara WBL. Lokasi WBL bisa ditempuh dengan kendaraan darat, letaknya di pinggir jalan raya Deandels, desa Paciran, Kecamatan Paciran Kab. Lamongan.

6. Pantai Pulau Bawean
Pantai Bawean termasuk dalam wilayah Kabupaten Gresik ini, memiliki dua obyek wisata yaitu Tanjung Goang dan danau Kastoba. Untuk mencapai pualu ini dapat ditempuh dengan naik kapal jetfoil selama 2 jam.
Obyek wisata Tanjung Goang terletak di desa Kamalasa, sekitar 8 km dari kecamatan Sangkapura ini memiliki aneka ikan dan terumbu karang. Di sepanjang pesisir pantai dibentengi oleh bukit marmer menambah keindahan alam yang asri. Sedang Danau Kastoba terletak di desa Paroman sekitar 32 km dari kecamatan Sangkapura. Obyek wisata ini adalah danau yang masih asli, airnya yang tenang dan dingin membuat banyak rusa betah tnggal di sekitar danau.

7. Pantai Camplong
Pantai wisata Camplong terletak di desa Dharma Camplong, sekitar 8 km ke arah timur dari kota Sampang, Madura. Dengan pantai landai yang banyak ditumbuhi pohoncemara sehingga menambah keteduhan dikawasan wisata ini. Pada sore hari dapat menikmati indahnya panorama matahari tenggelam.

8. Pantai Slopeng
Kawasan pantai Slopeng berada 21 km di utara kota Sumenep, Madura. Dengan air pantai yang jernih dan pasir putih menghampar luas dihiasi pohon kelapa dan siwalan di pinggir pantai menjadikan pemandangan yang indah. Di pantai Slopeng sangat sangat tepat untuk jadi arena aktivitas olah raga air seperti perahu layar dan selancar air. Setiap hari raya Ketupat diadakan pesta rakyat dan lomba tradisional yang diikuti oleh seluruh lapisan warga Sumenep dan sekitarnya.
9. Pantai Lombang
Pantai yang terletak di desa Lombang, kecamatan Batang - batang, 30 menit ke timur laut dari kota Sumenep ini terkenal oleh hamparan pasirnya yang putih berhias pohon cemara udang sepanjang kurang lebih 12 km. Suasana teduh dan nyaman membuat pantai Lombang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Selain untuk menikmati keindahan pantai, pengujung dapat juga menikmati keindahan matahari terbit.


10. Pantai Pasir Putih
Pantai wisata pasir putih, salah satu kawasan wisata bahari yang berada sekitar 21 km dari pusat kota Situbondo. Kawasan wisata ini terletak di jalur wisata Surabaya - Bali. Lokasi Pantai pasir putih banyak dilalui kendaraan umum. Dengan kawasan pantai sepanjang 3 km dan lebar rata - rata 100 m dari garis pantai, pasir putih memiliki panorama yang indah dengan ombak yang relatif tenang. Wisatawan dapat menikmati indahnya matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) sekaligus. Taman laut pasir putih juga sangat mempesona dan menarik seperti taman laut Bunaken di Manado atau taman laut di Tulamben di Bali. Ada banyak perahu tradisional yang beroperasi di pasir putih yang siap mengantar wisatawan ke lokasi dengan melihat keindahan taman laut dan terumbu karangnya.

11. Petik Laut Muncar
Petik laut merupakan upacara adat yang dilakukan para nelayan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME karena hasil laut yang melimpah. Semua nelayan mengadakan upacara persembahan sesaji yang dilarungkan ke tengah laut dan diiringi beberapa perahu hias serta tetabuhan musik tradisional. Upacara ini biasa dilakukan di bulan April mulai pagi sampai selsai. Selain di Muncar, pelaksanaan petik laut juga diadakan di pantai Blimbing Sari, Grajagan dan pantai Pancer.

12. Pantai Grajagan
Pantai wisata Grajagan terletak 52 km ke selatan dari kota Banyuwangi. Posisi pantainya yang strategis menjadi pintu gerbang menuju ke Plengkung. Disekitar pantai Grajagan ini banyak terdapat goa buatan yang ada pada ketinggian tertentu sehingga dapat mengamati seluruh kawasan. Pantai Grajagan berseberangan dengan kawasan Pantai Cungur. Karena perairanya bebas dari pengaruh ombak laut selatan, selain dapat menikmati panorama pantai sambil mandi matahari, dibalik pantai Cungur terdapat Segoro anak untuk kegiatan ski air, berperahu dan kano.

13. Pantai Plengkung
Pantai Plengkung merupakan sorga bagi para peselancar tingkat dunia, karena ombaknya yang spektakuler dan sangat baik untuk berselencar. Lokasinya berada dikawasan hutan lindung, sehingga bisa menikmati keindahan denga segala keunikan yang masih alami. Pada bulan Mei sampai bulan Oktober sangat baik untuk berselencar. Kawasan ini dikenal dengan sebutan G-land, oleh karena panjang ombaknya bisa mencapai 2 km dan ketinggian sampai 6 m lebih. Untuk mencapai pantai Plengkung yang berjarak kurang lebih 75 km dari kota Banyuwangi, dapat ditempuh melalui beberapa jalur seperti lewat Kalipatih terus ke Trianggulasi dengan kondisi jalan beraspal. Selanjutnya dengan berjalan kaki sepanjang 12 km melalui Grajagan. Berbagai fasilitas tempat penginapan tersedia dengan baik.

14. Pantai Sukamade
Pantai ini merupakan tempat pendaratan penyu - penyu raksasa untuk bertelur yang terletak di desa Sarongan kecamatan Pesanggaran Banyuwangi. Pantai yang dijuluki sebagai pantai penyu ini biasanya dikunjungi pada dini hari saat penyu bertelur di bulan purnama. Untuk mencapai pantai penyu ini, harus melewati pantai Rajegwesi, teluk Hijau kemudian melintas areal perkebunan Sukamade baru yang dominan dengan tanaman kopi, kakao dan karet. Fasilitas yang tersedia berupa penginapan, gardu pandang, penangkaran penyu dan perkemahan.

15. Pantai Watu Ulo
Pantai Watu Ulo terletak di desa Sumber Rejo Kecamatan Ambulu, 32 km di selatan kota Jember. Di kawasan pantai Watu Ulo terdapat perbukitan dan goa dengan kedalaman 100 m yang dihuni oleh ribuan kalelawar (Gua Lawa). Untuk masuk goa lawa yang menghadap ke laut ini, pengujung harus melewati pantai berpasir. Akses menuju pantai Watu Ulo suadah lancar berupa jalan aspal slebar 3 m dan dapat dilalui kendaraan umum.

16. Pantai Papuma
Obyek wisata pantai Papuma (Pasir Putih Malika) adalah pantai yang dihiasi batu malika yang tertata rapi secara alami membatasi tanah dengan pasir putih di sepanjang pantai. Panoramanya yang indah dengan pasir yang lembut jika diinjak sangat cocok untuk dan berjemur bagi wisatawan mancanegara. Kawasan pantai dan wahana wisata ini, biasa digunakan untuk camping para pecinta alam. fasilitas akomodasi cukup lengkap sehingga para wisatawan bisa berlibur dengan nyaman.

17. Pantai Sendang Biru
Pantai Sendang Biru terletak di desa Sumber Agung, Kecamatan Sumber Manjing, kabupaten Malang. Kawasan yang berjarak sekitar 69 km dari kota Malang ini, memiliki ombak laut yang tenang karena terhalang oleh pulau Sempu. Disamping sebagai tempat rekreasi wisata laut, pantai Sendang Biru merupakan tempat pendaratan nelayan. Ditempat tersebut terdapat pelelangan ikan milik dinas perikanan. Selain itu wisatawan bisa dengan menggunakan fasilitas perahu untuk pergi dan menikmati kawasan cagar alam pulau Sempu.

18. Taman Wisata Pantai Indah Popoh.
Pantai Indah Popoh (PIP) terletak di wilayah kabupaten Tulungagung. Lokasi PIP berada sekitar 27 km ke selatan dari kota Tulungagung yang bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Perjalanan dilalui dengan mendaki bukit - bukit kapur di pegunungan selatan. Tepat di puncak bukit, jauh di selatan nampak birunya laut selatan seperti menyatu dengan langit. Dibawah bukit inilah lokasi pantai Popoh, pantai alam berbentuk teluk di pesisir laut selatan. Bagi wisatawan yang ingin menikmati ganasnya ombak laut selatan, bisa melihat dari gardu pandang. Disini tersedia peristirahatan untuk memandang ombak dengan aman dan nyaman serta menikmati secara dekat atraksi ikan paus bercengkraman di tengah laut.
19. Pantai Prigi
Kawasan pantai Prigi berada di desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, sekitar 48 km arah selatan dari kota Kabupaten Trenggalek. Di pantai ini terdapat pelabuhan nusantara, pelabuhan penangkapan ikan terbesar di pantai selatan pulau Jawa. Ikan hasil tangkapan disini terkenal mutu dan rasanya yang baik. Pada bulan Selo (penanggalan Jawa), nelayan pantai Prigi menggelar upacara tradisional "Larung Sombonyo". Upacara ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME. Sekitar 3 km arah timur dari pantai Prigi terdapat pantai Karanggongso, pantai yang terkenal dengan pasir putihnya dan air pantai yang jernih dan tenang ini sangat cocok sebagai tempat mandi maupun berjemur bagi wisatawan. Fasilitas terdapat Pondok Prigi, cottege, hotel dan sewa motor boat.

20. Pantai Teleng Ria
Pantai teleng Ria terletak di desa Sidoarjo, 4 km ke selatan dari kota Pacitan. Pantai ini memiliki ombak yang tenang, sehingga sangat cocok untuk berenang dan jalan -jalan disepanjang bibir pantai. Pada pagi dan sore hari banyak dijumpai para nelayan menangkap ikan. Berbagai fasilitas yang tersedia antara lain penginapan, pemandian serta permainan anak - anak, arena perkemahan maupun gardu - gardu pandang untuk menikmati panorama pantai Teleng Ria yang dikelilingi oleh pegunungan kapur selatan dan keindahan panorama teluk Pacitan.



Tidak ada komentar: